Java – Vavai

Mudah Belajar Java Bersama Vavai :-)

Instalasi Netbeans 6.0 pada OpenSUSE 10.3

By • Jan 22nd, 2008 • Category: Features 60,331 views Cetak Artikel Ini Cetak Artikel Ini

Melakukan pemrogramman Java menggunakan Text Editor memang cepat dan mudah, namun untuk pengembangan aplikasi yang lebih kompleks, kita sebaiknya menggunakan IDE (Integrated Development Environment) sebagai alat bantunya. IDE dalam beberapa hal membuat hidup jadi lebih mudah, :-).

Banyak pilihan IDE yang dapat digunakan, baik untuk Linux, Windows maupun sistem operasi lainnya. Netbeans, Eclipse, Sun Java Creator adalah sebagian diantaranya. Untuk kali ini, saya akan membahas proses instalasi Netbeans di lingkungan Linux menggunakan OpenSUSE ., Mengingat file instalasi yang digunakan adalah file dengan tipe binari-executable, proses instalasi dapat dilakukan pada distro lain tanpa ada masalah.

Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Instalasi Java SE. Kalau belum, silakan melakukan instalasi Java SE terlebih dahulu. Ikuti panduannya dari artikel “Instalasi Java pada OpenSUSE 10.3”.
  2. Download Netbeans dari http://www.netbeans.info/downloads/index.php. Karena menggunakan Linux, pilih file instalasi untuk Linux. Pilih yang tanpa bundel dengan JEE, kecuali memang menginginkannya.
  3. Lewat Konsole, masuk ke folder download (saya menyimpannya di /opt, sesuaikan dengan folder download anda. Jika masuk ke OpenSUSE sebagai user normal non root, sebaiknya simpan file installer Netbeans di /home/namauser).
  4. Buka Konsole (ALT + F2, ketik konsole)
  5. Pastikan file binari tersebut merupakan file executable
  6. chmod +x netbeans.sh 

    (ganti netbeans.sh dengan nama file yang didownload, misalnya : chmod +x netbeans-6.0-linux.sh)

  7. Jalankan file installer
  8. ./netbeans.bin (titik slash namafile)

    Instalasi Netbeans 6.0 pada OpenSUSE 10.3

  9. Proses instalasi berjalan, ikuti wizardnya. Netbeans akan melakukan proses instalasi dengan terlebih dahulu mendeteksi lokasi JDK seperti yang dilakukan pada tahap 1. Jika JDK tidak terdeteksi padahal sudah diinstalasikan (JDK diinstall pada folder tertentu), gunakan opsi JavaHome sebagai berikut :
  10. ./netbeans.bin -is:javahome lokasiJDK
  11. Selesai proses instalasi, OpenSUSE akan secara otomatis membuatkan shortcut Netbeans. Jika hal ini tidak dilakukan, silakan buat link manual ke file eksekusi Netbeans. File eksekusi Netbeans dapat diketahui melalui Konsole dengan perintah whereis netbeans atau which netbeans. pada bagian akhir instalasi biasanya ada pemberitahuan, dimana lokasi executable netbeans dan bagaimana menjalankannya, misalnya :
  12. /opt/netbeans6.0/bin/netbeans

Setelah proses instalasi, kita dapat memulai menggunakan Netbeans untuk proyek-proyek Java kita. Bagi pengguna bahasa pemrogramman Visual (VB, Delphi, PowerBuilder, etc), IDE Netbeans akan dirasa sangat familiar karena model dan bentuknya tidak terlalu jauh berbeda. Bagi pengguna PHP atau C, dengan model kode yang agak mirip, pemrogramman Java dengan Netbeans mungkin hanya butuh penyesuaian beberapa waktu saja.

Netbeans 6.0 pada OpenSUSE 10.3

Catatan : Jika Netbeans tidak dapat dijalankan, coba jalankan menggunakan perintah konsole. Jika ada pesan kesalahan :

java: xcb_xlib.c:52: xcb_xlib_unlock: Assertion `c->xlib.lock’ failed.

Ketikkan perintah export LIBXCB_ALLOW_SLOPPY_LOCK=1 dan ulangi menjalankan Netbeans. Jika sudah tidak ada masalah, masukkan perintah export LIBXCB_ALLOW_SLOPPY_LOCK=1 kedalam file .bash_profile yang ada di home folder.

Cetak Artikel Ini Cetak Artikel Ini

is Masim "Vavai" Sugianto, Professional IT. Tinggal di Bekasi, bekerja di Jakarta. Aktif pada Komunitas OpenSUSE Indonesia. Berminat pada dunia Open Source dan pengembangan program Java. Keseharian dapat dimonitor pada Blog Pribadi
Email this author | All posts by

7 Responses »

  1. […] Install Netbeans […]

  2. […] Install Netbeans […]

  3. Tau cara nginstall NB60 di FC 8.

    Aku tak pernah berhasil tuch, been googling with no avail.

  4. Ari,

    Ada pesan salah apa waktu install di FC 8 ?

  5. None…

    None…

  6. […] file binari tersebut merupakan file executable view plaincopy to […]

  7. […] Install Netbeans […]

Leave a Reply