Java – Vavai

Mudah Belajar Java Bersama Vavai :-)

Mulai Belajar Java ?

By • Jan 22nd, 2008 • Category: Artikel 20,006 views Cetak Artikel Ini Cetak Artikel Ini

Masing-masing orang punya metode tersendiri untuk mulai belajar Java. Saya pribadi memulainya dengan latar belakang sebagai programmer Visual Basic di Windows. Kemampuan OOP saya bisa dibilang nol besar. Selain itu, saya rada ngeyel, mau menggunakan metode dan cara sendiri untuk belajar sesuatu. Kebiasaan ini merupakan bawaan sejak bayi. Sewaktu SMA (lho, kamu pernah sekolah Vai ? :-P ), alih-alih menyalin tulisan pak guru, saya memilih untuk menuliskan catatan versi saya. Jika pak guru membuat gambar, saya akan menambahkan keterangan versi saya agar bisa saya ingat, “Begini lho maksudnya…”

Sebelum berpanjang lebar soal pengalaman belajar Java, harap dipahami bahwa saya juga baru beberapa waktu belajar dan menggunakan Java untuk pengembangan aplikasi, jadi jangan berpikir saya ini seorang dosen Java atau seorang expert dibidang Java :-).

Ketertarikan saya soal Java dimulai saat saya mulai tertarik dengan Linux. Pemakaian Linux yang semakin intensif, rencana perusahaan untuk migrasi sistem ke Linux dan pencarian aplikasi yang bisa berjalan pada berbagai platform membawa saya ke Java. Salah satu feature penting dari Java tentu konsep WORA (Write Once Run Anywhere) yang ada pada Java. Sekali buat aplikasi, aplikasi tersebut bisa dijalankan pada berbagai sistem operasi. Selain Java, tentu ada aplikasi lain yang sejenis. QT misalnya, tools berbasis C++ yang menjadi kunci pengembangan KDE di Linux menjadi pilihan awal saya, namun saya tidak ku-ku kalau harus membayar biaya lisensinya. Memang sih ada versi open source tapi itu untuk produk open source juga.

Sebelum memilih aplikasi open source, saya juga sempat berniat menceburkan diri ke dunia .NET. Hanya saja, setelah eksplorasi beberapa waktu, skema lisensi .NET membuat saya memilih Java. Meski ada .NET Express, saya memandangnya sebagai tools serba terbatas untuk membangun sebuah aplikasi. Selain itu, perbedaan .NET yang cukup jauh dengan Visual Basic 6.0 saya pandang akan membuat saya mengeluarkan effort yang sama besarnya jika saya menggunakan bahasa yang benar-benar baru.

Sebagai veteran Visual Basic, pilihan awal sebenarnya bukan QT melainkan Gambas. Pertimbangannya, Gambas memiliki kemiripan dengan Visual Basic. Hanya saja, saya masih kurang nyaman dengan keterbatasan yang dimiliki oleh Gambas, sementara disisi lain, Java jauh lebih matang. Real Basic juga pernah saya coba, namun saya tidak eksplorasi lebih jauh setelah aplikasi Visual Basic yang saya import dari versi native tidak dapat dijalankan secara penuh di Real Basic.

Pertimbangan terakhir untuk memilih Java adalah setelah melakukan blog walking dan menemukan blog dari Endy Muhardin. Dari tulisannya, saya melihat mas Endy cukup lugas dalam memberikan penjelasan mengenai sesuatu dalam bahasa Java. Konsep OOP yang dianalogikan dengan sebuah mobil misalnya, membuat saya jauh lebih mudah mencerna pemahaman hal tersebut dibandingkan konsep abstrak lainnya.

Adalah suatu kebetulan, ketika saya tertarik untuk belajar Java, perusahaan juga dalam proses melakukan migrasi aplikasi ke Linux. Proposal saya untuk mengadakan pelatihan internal Java bagi para IT staff disetujui oleh pihak manajemen sehingga proses pembelajaran Java bisa jauh lebih mudah. Trainer yang dipilih juga sangat memahami mindset melakukan coding dengan Java sehingga adaptasi ke Java bisa lebih smooth. Trainernya ? Ya Endy Muhardin :-). Untuk aplikasi menggunakan desktop dan web menggunakan Netbeans, mas Endy disertai rekannya dari komunitas Netbeans Indonesia, Ifnu Bima. Hebatnya, Ifnu ini masih mahasiswa…

Satu hal yang perlu ditekankan, dengan ataupun tanpa pelatihan yang diadakan oleh perusahaan, saya akan tetap mempelajari Java. Resource yang berlimpah di internet merupakan sumber pembelajaran yang bisa diakses dengan mudah.

Lantas, bagaimana pola saya mempelajari Java ?

Latar belakang Visual Basic saya membuat saya melompat-lompat saat melakukan coding. Bisa saja diawal saya menggunakan konsole untuk kemudian tiba-tiba membuat aplikasi database dengan Netbeans untuk kemudian mundur kembali pada konsep OOP. Jika diilustrasikan, berikut adalah catatan kasar sewaktu saya belajar Java.

  1. Bagaimana cara install Java di Linux (OpenSUSE)
  2. Bagaimana cara install IDE Java di Linux (Netbeans, Eclipse, Sun Java Creator dll)
  3. Bagaimana melakukan kompilasi, setting path dan classpath di Linux
  4. Bagaimana membuat Hello World !
  5. Bagaimana membuat aplikasi dasar sekuensial (aplikasi perhitungan biasa tanpa percabangan ataupun perulangan)
  6. Bagaimana membuat aplikasi percabangan (If Then Else)
  7. Bagaimana membuat aplikasi perulangan (Loop)
  8. Bagaimana membuat aplikasi grafis
  9. Bagaimana membuat aplikasi dasar toolbox / pallete grafis (button, text field, combo, list)
  10. Bagaimana membuat aplikasi dengan tabel
  11. Bagaiamana melakukan koneksi ke database via konsole
  12. Bagaimana melakukan koneksi ke database via Netbeans
  13. Bagaimana membuat aplikasi database lengkap
  14. Bagaimana konsep OOP diterapkan dalam sebuah aplikasi yang siap dijalankan
  15. Bagaimana melakukan deployment aplikasi

Dalam perjalanannya, berbagai hal diatas dilengkapi dengan testing penggunaan framework dan model. Dalam beberapa hal, saya cenderung untuk membuat program secara sederhana, meski dengan konsep OOP yang amburadul sekalipun untuk mendapatkan bentuk pemahaman yang saya inginkan. Saran saya, untuk mulai belajar Java, tidak usah dipusingkan dengan konsep framework maupun pemisahan kode dan upaya melakukan fleksibilitas kode. Kalau bisa sih nggak apa-apa, tapi kalau tidak bisa, itu akan mempersulit upaya belajar. Seperti halnya kita saat belajar di sekolah, konsep awal mungkin dibuat mudah agar kita bisa melangkah secara bertahap.

Sewaktu saya menjadi assisten lab komputer di STMIK Bani Saleh Bekasi (1999-2004), pengalaman saya mengajar mahasiswa baru mungkin bisa menjadi masukan. Saat menjelaskan konsep pemrogramman dengan perulangan menggunakan Turbo Pascal, saya melakukan hal sebagai berikut :

  1. Saya minta mahasiswa membuat program dengan tulisan : “Nama saya adalah : Nama-Sendiri”
  2. Saya minta mahasiswa membuat program untuk mencetak tulisan tersebut sebanyak 5 kali. Untuk tahap ini, ada cukup banyak mahasiswa yang menulis statemen diatas sebanyak 5 kali secara manual. Pada saat ini, saya contohkan bagaimana melakukan copy-paste di teks editor Pascal (menggunakan CTRL + KB, CTRL + KK, CTRL + KC. Perintah ini saya ingat karena saya masih termasuk generasi yang mengalami aplikasi pengolah kata Wordstar :-D )
  3. Saya minta mahasiswa membuat program untuk mencetak tulisan sebanyak 10 kali. Sebagian besar menggunakan perintah copy-paste untuk melakukannya.
  4. Saya minta mahasiswa mencetak tulisan yang sama tapi sebanyak 1000 kali. Saat mereka mengeluh soal lamanya proses copy-paste, barulah saya menjelaskan konsep perulangan.

Cukup berbelit memang, tapi itu saya lakukan agar mahasiswa tidak serta merta menganggap konsep perulangan dan konsep lain dalam dunia pemrogramman tercipta dengan sendirinya. Bukan juga berarti bahwa mahasiswa saya terlalu newbie untuk hal yang sama. Sebagian dari mereka sudah memahami konsep yang sama namun dengan cara pandang yang berbeda.

Bagaimana ? Tertarik menggunakan Java ? Apakah masih menggunakan aplikasi WODA ? Write Once Debug Anywhere ? :-))

Related Entry :

  1. Endy Muhardin : Belajar Java, Mulai Dari Mana ?
  2. Ifnu Bima : Belajar Java Mulai Dari Mana
Cetak Artikel Ini Cetak Artikel Ini

is Masim "Vavai" Sugianto, Professional IT. Tinggal di Bekasi, bekerja di Jakarta. Aktif pada Komunitas OpenSUSE Indonesia. Berminat pada dunia Open Source dan pengembangan program Java. Keseharian dapat dimonitor pada Blog Pribadi
Email this author | All posts by

50 Responses »

  1. Mas vavai, saya tertarik pada pemrograman java setelah membaca tulisan mas vavai diatas. Tapi saya bingung, kebetulan saya juga baru belajar Linux Ubuntu. Misalnya saya ingin belajar pemrograman Java di komputer Ubuntu saya, apa saya yang perlu saya persiapkan, mengingat SO yang mas Vavai pake adalah Opensuse. Terima kasih atas jawabannya.

  2. Halo mas Khairil.

    Sebelum pakai OpenSUSE, saya pernah pakai Ubuntu lk 1 tahun (masih versi 5.10 kalau nggak salah). Kalau saya lihat, semestinya tidak akan ada perbedaan mendasar soal instalasi Java baik di OpenSUSE maupun Ubuntu karena file yang dijalankan menggunakan sh (bash script). Konfigurasi .bash_profile pun mestinya ada di Ubuntu.

    Saya memang sengaja memasang tulisan OpenSUSE diawal karena misi promosi OpenSUSE, hehehe…

    Silakan dicoba mas, saya akan bantu support jika ada masalah. Sekedar info, instruktur Java sewaktu saya training juga menggunakan Ubuntu kok :-D

  3. java itu rumit….
    apalagi aplikasi web-nya……. cuma bikin file sampah aja di webserver-nya….. jadi berat…..
    mendingan pake VB. Net……..
    mudah dan simple dg konsep OOP-nya (juga)….
    Buat apa pilih yg rumit2…. kalo masih ada yg simple dan mudah…..
    yg penting aplikasi yg kita buat bisa berguna dan berjalan dg sempurna…….
    kadang user/client tidak mau peduli aplikasi yg kita buat pake VB atao Java….
    yg penting aplikasinya berjalan mulus dan proses bisnis mereka tidak terhambat…..
    kadang ada perusahaan besar yg gak peduli aplikasi dibuat pake bahasa apapun, yg penting bisa berjalan sesuai dg bisnis perosesnya…… mau pake yg lisensi juga pasti bakal di jabanin….
    yg penting gak rumit dan canggih……

    soalnya, dibeberapa perusahaan, programmer java kadang dibayar dibawah standar gaji IT programmer, jadi kan buat apa susah2 pake java kalo dibayar murah…….

  4. bang vavai,,,,,
    ni saya,anak bansal juga..!!!1
    yaaa,mau ikut nyemplung ke java jugaa nieee
    mao nanya, untuk konsep programming di java tuh yang enak gmn????

    antara model,ui,DAO nya!!!

    masih lumayan bingung euyyyyyyyy

    teramitsu!!!!!!!!!

  5. bang vavai, ilasan anda ttg self scratched notif pas menyalin ngingetin saya dulu.
    Saya juga lagi belajar java, sekalian ubuntu.
    th85 pas smp dulu dah bikin game sederhana pake basic, terus kelas 3 mengenal turbo pascal, SMA pake C. pas kuliah di Teknik Mesin hobi berenti, paling bikin program pake VB buat mempermudah tugas kuliah, tahun 96 bikin simulator mesin CAM pake VB. Tahun 2000an nyoba applied Mandrake buat kantor, gagal karena aplikasi jarang yang hasilnya kompatible dg aplikasi dari jendela. 2007 nyoba Feisty Fawn buat desktop saya di kantor, dan mulai kepikiran multiplatform app/web app, karena client di kantor macam2 (mulai saya bebaskan buat milih OS, legal tentunya).

    Dari overview diatas, apa saran bang vivian sebagai ex VB user ttg kendala2 yang krusial, apa yang harus saya pelajari dulu? (diluar bahasa java itu sendiri).

    rgds

  6. #CintaVB,
    Hehehe, anda bicara demikian pada mantan programmer VB dan pada mantan moderator milis VB :-)

    BTW,

    soalnya, dibeberapa perusahaan, programmer java kadang dibayar dibawah standar gaji IT programmer, jadi kan buat apa susah2 pake java kalo dibayar murah…….

    Ah, yang beneeee :-)

  7. #Kocloxs,

    Konsep yang anda maksud justru konsep packaging (package). Gunanya adalah untuk memudahkan pemilahan kode yang diperlukan.

  8. #Nanda, Sebagai ex programmer VB (6.0), konsep yang mutlak diperlukan adalah konsep OOP (Class, Object dkk). Pelan-pelan untuk memahaminya nggak apa-apa.

    Kalau sudah paham salah satu, langsung coba pakai kode, jadi biar lebih mengena dan lebih “menancap” paradigma yang baru dibangun.

  9. yup, akhirnya selesai juga 1 poject kecil q, meski penuh kerja keras.
    guru terbaiknya yaaaaaa, google , he he he

    enak juga yaa netbeans.
    jasper report ,enak juga tapi berat.

    #nanda,
    semangat bang, semua bisa dipelajari kok.

    bang vavai, kalo di vb kan kita kenal EXE yang buat running di user, kalo di netbeans gimana yaa, bikin yang sejenisnya,
    makasihhhh

  10. #kocloxs,

    Saya akan buatkan panduan lengkapnya :-D

  11. bang, kalo bikin background image buat jFrame / jPanel gimana banag???
    thank’s
    dah nyari gak ketemu2 nie

  12. bang, dah ketemu euy,

    http://forums.java.net/jive/message.jspa?messageID=163039

    thank’s

  13. kang, mana nih ditunggu tutorialnya

  14. Bung Vavai

    Saya baru belajar java dng IDE NETBEANS, memang benar bhs java sulit, tapi seimbang dengan apa yg kita dpt dari JAVA. sblmnya saya menggunakan MS Visual Foxpro, saya mau minta tlng bagaimana memasukan data kedalam JTABLE yg DINAMIS dng menggunakan NETBEANS

  15. @Jimmy
    pake JtableBinding aja mas jimmy!!!!!

    lebih enak

  16. bang vavai dan yg lain tanya neeh
    lisensinya java itu gmn..? ada yg bilang free
    trus openJDK tu apa?
    jadi pusing nih..
    kalo buat aplikasi komersil pakek java ga bayar kan ?
    maaf.. saya baru di java

  17. bang vavai………
    tia lagi nyusun skripsi tentang program java, padahal dah dijelasin semua tapi kata dosennya masih ada yang kurang. gimana lagi dhooong……………??
    sebenernya pengertian java menurut para ahli itu apa sich?

  18. mas buat tutorial untuk belajar java web untuk versi windows do’ mulai dari awal sebagai pemula…ditunggu loh.. thanks…kalau bisa bls ke email aku ya tutorialnya..

  19. Salam kenal…

    Saya baru mengenal netbeans….
    Meski sudah mempunyai dasar java coding ketika mulai belajar grafis ternyata tidak mudah….
    weleh…
    Harus banyak referensi dari yang lebih ahli nih….

    Situsnya keren…
    Tutorial netbeans dasarnya mas diperbanyak…

  20. mas buat contoh aplikasi untuk entry data dengan java web pakai jsp.

  21. Mas vai,
    Saya sekarang maen di VB6, pengen upgrade skill nih. Kandidat adalah PHP dan Java. Kalo belajar dua-duanya pasti berat. Nah cita-cita saya pengen bisa, dengan satu bahasa bisa desktop bisa web. Tolong, saya minta reviewnya dengan pertimbangan prospek kedepan di pasaran.
    Kalo kemudahan mempelajari mungkin ada di PHP, nah dengan kemudahan itu sepertinya sekarang udah banyak yang bisa PHP. Programmer PHP sekarang punya nilai cukup tinggi kalo nanti makin banyak gimana ya ?

  22. #Shuga,

    Saran saya, sebaiknya ambil Java. Java jauh lebih kompleks namun juga lebih lengkap. Ada desktop, web dan mobile device

    Mengenai prospek kedepan, terus terang saya pribadi lebih memegang Java. Jikapun ingin belajar PHP, mestinya tak ada masalah dengan background Java yang kita miliki.

  23. Nambah….. :D
    Kalo Java programming di Windows trus pake di linux bisa kan ? caranya gimana ?

  24. Lagi ah… :D
    Mas Vavai bikin web nya pake Java ?

  25. Mas Vavai,

    Saya mulai coba bikin program pertama nih, Hello World…. pake NetBeans. Error ini knp y ?

    Compiling 1 source file to C:\Program Files\netbeans-5.0\NetBeans_projects\JavaApplication3\build\classes

    C:\Program Files\netbeans-5.0\NetBeans_projects\JavaApplication3\src\javaapplication3\HalloDunia.java:19: package system does not exist

    public HalloDunia() { system.out.println(“Hallo Dunia”);

    1 error

    BUILD FAILED (total time: 0 seconds)

  26. oOo…

    nulis system.out.println(”Hallo Dunia”);

    S nya mesti gede >> System.out.println(”Hallo Dunia”);

  27. mas vavai, mo tnya nehh..
    klo di pmrograman php ada kamus php yang nmnya “PHP Manual” isinya ttg fungsi2 yang ada di dalam php bserta cntoh2 implementasinya..
    nah klo di pemrograman java ada gak kamus pmrograman java (kamus fungsi2 yg tdpt di java)…
    klo ada dmn sya bisa download…???

    *cr di google udah pusingg nehh..:D

  28. # abdee on July 29th, 2008 at 7:08 am:

    mas vavai, mo tnya nehh..
    klo di pmrograman php ada kamus php yang nmnya “PHP Manual” isinya ttg fungsi2 yang ada di dalam php bserta cntoh2 implementasinya..
    nah klo di pemrograman java ada gak kamus pmrograman java (kamus fungsi2 yg tdpt di java)…
    klo ada dmn sya bisa download…???

    *cr di google udah pusingg nehh..:D

    ——
    klo php manualnya udah jadi atu file .chm khan?? (dulu gw d kul assisten php soalna)…references nya zend.com ama phpbuilder.com…tp skrg nyari duitnya pake java..heheh
    Klo java tuh dari sun miccrosystem..dan nyebutnya bukan manual tapi API (Application Protocol Interface) …check aja di webnya sun (http://java.sun.com/reference/api/index.html)

  29. # cintaVB on January 27th, 2008 at 10:56 am:

    java itu rumit….
    apalagi aplikasi web-nya……. cuma bikin file sampah aja di webserver-nya….. jadi berat…..
    mendingan pake VB. Net……..
    mudah dan simple dg konsep OOP-nya (juga)….
    Buat apa pilih yg rumit2…. kalo masih ada yg simple dan mudah…..
    yg penting aplikasi yg kita buat bisa berguna dan berjalan dg sempurna…….
    kadang user/client tidak mau peduli aplikasi yg kita buat pake VB atao Java….
    yg penting aplikasinya berjalan mulus dan proses bisnis mereka tidak terhambat…..
    kadang ada perusahaan besar yg gak peduli aplikasi dibuat pake bahasa apapun, yg penting bisa berjalan sesuai dg bisnis perosesnya…… mau pake yg lisensi juga pasti bakal di jabanin….
    yg penting gak rumit dan canggih……

    soalnya, dibeberapa perusahaan, programmer java kadang dibayar dibawah standar gaji IT programmer, jadi kan buat apa susah2 pake java kalo dibayar murah…….

    ——————————–
    “java itu rumit….???” kata siapa? gw bisa ajarin lo network prog, dbase, threading, pooling dll dlm sehari…
    “apalagi aplikasi web-nya……. cuma bikin file sampah aja di webserver-nya….. jadi berat….” ahhh masa sehhh..server java based apache mbo!!!

    nah ini yang bahaya!!!
    “kadang user/client tidak mau peduli aplikasi yg kita buat pake VB atao Java….
    yg penting aplikasinya berjalan mulus dan proses bisnis mereka tidak terhambat…..”

    user dr company gw (on project), suatu company gede di jakarta, lagi replace bisnis system mereka dari yg berbasis vb ke java..karena faktor2: regresi, maintaning, performance, kompatibilitas dgn sistem laen dll

    bisnis proses appan yg lo maksud ?? transaksi, management atau dah level enterprise kaya telekomunikasi, banking dan oil&gas?
    klo buat yg enterprise, utk business solution…telkomsel/indosat/telkom/mandiri/bca ga ada yang vb/.net atau yg mirip2 itu buat EAI mrk, mrk semua java based bung…

    and duit nya ga kecil koq….soalna company gw maenna di java ama vb .net..and semua kawan2 gw banyak cabut ke java based soalna walaupun projectnya dikit tp high profile bung…dan duit??? pastil lah jg lebih banyak
    and btw klo lo senior consultant di java bayaran lo plg dikit klo d indo 150US$ sehari bung (klo di luar au dah)…tp nyampe kesitu lama dan berattttttttt

  30. # Shuga on June 27th, 2008 at 6:48 am:

    Nambah….. :D
    Kalo Java programming di Windows trus pake di linux bisa kan ? caranya gimana ?

    yup, java open platform…asalkan minimum versi JRE nya sama

  31. Hallo semuanya… Mas Vavai salam kenal

    saya salah satu pengguna delphi dan vb sekarang dan mulai beralih ke java cuman ada beberapa kendala dalam mempelajari java.
    saya pikir2 belajar vb dan java dengan metode otodidak emang lebih sulit java looo… itu bener ak rasain…
    dulu ak belajar vb yg penting ada buku bisa buka internet dalam 3 bulan dan bisa buat aplikasi.

    tapi klau java… wadohhh baru belajar syntak2nya aja bingung
    mau pake mana editornya eclips, netbeans, sun editor wadohhh bingung lagi
    coba buat aplikasi kok eror sana eror sini… kok berat ya runningnya… bingung lagi

    tapi ak sadar … JAVA itu bahasa pemograman masa depan yg LUAR BIASA… tidak ada salahnya mulai sekrang kita belajar dan belajar….

  32. Gw ga ngerti banget soal programming. Tapi gw tertarik belajar java, dari mana gw harus mulai? Thnks b4

  33. Pertama saya masuk kuliah disalah satu stimik jogja, saya gak jelas bnget sama mata kuliah yang satu ini, namanya adalah programing. Tapi kelamaan saya penasaran sama mata kuliah yang satu ini. Gmn cara belajar untuk memahami mata kuliah PROGRAMING???Thank

  34. thx

  35. Bagi Kalian Yang Masih Pertama Belajar Java Anda Bisa Download Jeni 1-3 di Sini http://http://www.4shared.com/file/64187175/3bc80743/jeni123.html

    dan Jeni 4 sampek 6 disini http://http://www.4shared.com/file/64189353/3c663a9/jeni456.html

    Anda Bisa Download disitu Deh

    Aku Yohanes Ageng Prayoga Kelas 2 SMK PGRI 3 Tlogomas MALANG

    Kalau Mau Gabung Dengan Orang IT seluruh Dunia Bisa Datang Di http://nagasakti.mervpolis.com/roller
    Aku Punyak Disan Di http://nagasakti.mervpolis.com/roller/myyap

    trimakasih

  36. Hiii kamu Belajar JAVA Kamu Datang Aja Di http://nagasakti.mervpolis.com/roller Pasti kamu Dapet java Lebih Banyak

    Disana terkumpul Orang2 IT seluruh Dunia….lo…

    Aku aja Yang MASIH sekolah Kelas 2 Di SMK PGRI 3 Tlogomas Malang Ini Udah Diajarin JAVA….
    Kamu Kalau Bisa Daftar Di Nagasakti Itu Ya

    punyak Aku http://nagasakti.mervpolis.com/roller/myyap

    Oya Bos Aku Dah Upload Jeni1 Pek 3 di Sini http://http://www.4shared.com/file/64187175/3bc80743/jeni123.html

    dan Jeni 4 sampek 6 disini http://http://www.4shared.com/file/64189353/3c663a9/jeni456.html

    Anda Bisa Download disitu Deh

    Semangat Ya Belajar JAVAnya

  37. hoiiii, ….., q pingin bisa java tolongin doooong… pl iiii ss..

  38. mAz… kuw gag bs mikir jaVa..
    mint Adiajarin dukz..
    hikz

  39. Waaah ditunggu nih tutorial kasus-kasusnya… hidup JAVA indonesia..
    salam kenal

  40. mas vavai ada YM?

  41. Mas VAVAI, saya baru aja kemaren belajar JAVA. Nanti kalo suatu saat saya minta bantuannya, tolong dibantu yah.

  42. @Vavai And ALL

    JAVA ITU KEREN TEKNOLOGINYA BENER2 GILA ENGGAK PERCAYA GOOGLING AZ…!!!

    JAVA WILL DEFEATED .NET PLATFORM …!!!

    JAVA AKAN NGFORWARD AND NEVER DIE…!!!

    .NET IS SUCK…!!!

  43. UNTUK JARINGAN APALAGI NO WORD PKOKNYA LAH

    BUAT TOOLS… HACKING PAKEK JAVA BENER2… TANGGUH…!!!

  44. pak minta info bila daftar domain bagaimna…..diinfokan ya pak….thank.

  45. salam kenal pak, saya newbie di java dan opensource OS, background saya sebenarnya dari Physics pak, namun saya tertarik dengan programming, saya ingin belajar J2ME pak, apakah ada tutorial yang bapak punya, mohon bimbingannya pak…..Thanks

  46. jadi pengen nerusin blog http://j4speak.wordpress.com/ ini lagi, hiks-hiks… semangat belajar java_nya kok mlempem gini ya…

  47. terima kasih dah om. .
    tutorialnya di tunggu. . .

  48. berarti kondang

  49. Mas walaupun saya masih baru mengenal java, namun saya sangat berminat sekali untuk belajar pemograman java.
    Karena java itu menarik dan sepertinya mudah di pelajari.
    Mohon bantuan dan bimbingannya mas.

  50. ane juga lagi belajar ni om.. ngisi waktu luang juga.. hehe..

Leave a Reply