Java – Vavai

Mudah Belajar Java Bersama Vavai :-)

Variasi Java : Apa Beda Java SE, Java ME, Java EE dan JRE ?

By • Jan 22nd, 2008 • Category: Features 5,573 views Cetak Artikel Ini Cetak Artikel Ini

Buat pemula bahasa pemrogramman Java, proses mendownload paket bahasa pemrogramman Java sudah cukup membingungkan. Mau mendownload Java SDK (Software Development Kit) yang mana ? Java SE (Standard Edition), Java ME (Micro Edition, kadang disebut Mobile Edition) atau Java EE (Enterprise Edition) ? Kalau saya ingin membuat aplikasi untuk kantor, apakah tepat jika saya mendownload Java EE untuk belajar membuat aplikasi tersebut ? Apakah standard edition “hanya” memuat aplikasi terbatas [namanya juga standar]. Apakah nanti tidak bermasalah jika awalnya saya menggunakan Java SE dan baru nanti menggunakan Java EE ? Apakah JRE (Java Runtime Environment) perlu diinstall terpisah ?

Jika anda mulai belajar Java, gunakan Java SE ! Java SE bukan berarti Java dengan kemampuan terbatas. Standard disini lebih kepada paket fundamental Java, bukan batasan dalam arti fasilitas yang serba kurang.

Java Platform, Standard Edition (also known as Java 2 Platform) lets you develop and deploy Java applications on desktops and servers, as well as today’s demanding Embedded and Real-Time environments. Java SE includes classes that support the development of Java Web Services and provides the foundation for Java Platform, Enterprise Edition (Java EE).

Jika demikian, apakah bisa jika kita langsung memilih paket Netbeans + Java SE misalnya ? Jawabnya bisa saja, meski instalasi secara terpisah-pun tidak ada masalah. Tentu saja Java SE harus diinstall lebih dahulu, baru Netbeans / Eclipse menyusul.

Java EE biasanya sudah dibundel pada paket development tools maupun application server yang kita gunakan. Netbeans, Sun Java Creator atau Eclipse bisa secara paket menyertakannya.

Java ME sesuai dengan namanya ditujukan untuk aplikasi embedded pada mobile / micro devices, seperti PDA, HP, Barcode Scanner / PDT (Portable Data Terminal) dll.

JRE adalah paket lingkungan yang dibutuhkan jika ingin menjalankan aplikasi Java. Jika kita hanya ingin menjalankan aplikasi Java tanpa membuat atau mengubahnya, kita tidak perlu melakukan instalasi Java SDK. Yang diperlukan hanyalah JRE ini.

Jika kita melakukan instalasi Java SDK, kita tidak perlu melakukan instalasi JRE, karena JRE ini sudah dibundel dalam Java SDK.

Dengan pemahaman yang jelas mengenai perbedaan masing-masing Java SDK, kita bisa belajar Java dengan lebih tenang dan nyaman :-).

Cetak Artikel Ini Cetak Artikel Ini

is Masim "Vavai" Sugianto, Professional IT. Tinggal di Bekasi, bekerja di Jakarta. Aktif pada Komunitas OpenSUSE Indonesia. Berminat pada dunia Open Source dan pengembangan program Java. Keseharian dapat dimonitor pada Blog Pribadi
Email this author | All posts by

3 Responses »

  1. pencerahan …
    terima kasih kaka 🙂

  2. thank’s banget

  3. baru tau saya….
    TQ…..alot

Leave a Reply